Kamis, 27 Juni 2013

Bunuh virus GAPTEK


Saatnya tanggap teknologi, bukan gagap teknologi. Di zaman yang serba modern ini, sering kita dapati kebingungan atau kurang paham dengan teknologi? Bingung kala menghadapi peralatan elektronik yang canggih?  Menyerah saat mendapati kendala teknis pada ponsel yang mogok bekerja? Atau terlalu sering minta tolong ketika menemui kesulitan dengan komputer?
Naah, sekarang bukan waktunya memelihara kebiasaan kita tersebut. Dalam era globalisasi ini kita di tuntut untuk mengikuti zaman, salah satunya yaitu bunuh virus GAPTEK. Sebagian orang-orang menganggapnya gaptek. Apa itu GAPTEK?  Gaptek adalah Gagap Teknologi, yaitu ketidak tahuan seseorang terhadap teknologi saat ini. Lalu, apa yang menyebabkan seseorang mengidap virus gaptek? Salah satunya karena seseorang tersebut tidak mau tau akan teknologi saat ini atau kurangnya pengetahuan dan pendidikan tentang teknologi.

Perlu anda ketahui,  kelebihan orang gaptek yaitu:
1. tidak akan terpengaruh budaya-budaya asing yang sebagian besar membawa dampak negatif
2. tidak akan terlibat masalah yang berhubungan dengan teknologi itu sendiri.
3. . akan terlihat seperti seorang yang polos (karena tidak tahu apa-apa, jadi terlihat imut dan tanpa dosa)

kekurangan gaptek:
1. tidak dapat mengetahui perkembangan informasi teknini
2. akan dicap sebagai seseorang yang gaptek (gagap teknologi), kejam (ketinggalan jaman)
3. tidak dapat mengoperasikan berbagai alat-alat/perangkat berbasis teknologi
4. akan kesulitan dalam mencari pekerjaan (karena akhir-akhir ini banyak kantor yang mengharuskan   pegawainya dapat mengoperasikan perangkat IT)

Kita harus mampu mandiri menyelesaikan persoalan yang berhubungan dengan teknologi. Bagi Anda yang masih merasa gagap teknologi, tak perlu malu. Ada beberapa cara untuk meningkatkan keterampilan sehingga akrab dengan teknologi :
  • Bacalah buku petunjuk. Saat Anda ingin memakai perangkat elektronik, cobalah buka lampiran instruksi penggunaan alat tersebut. Sebagai contoh, pelajari dengan seksama bagaimana cara instalasi, penggunaan dan perawatan ponsel pintar sebelum memakainya untuk keperluan komunikasi sehari-hari. Sehingga tidak ada kesulitan saat kita menemui hal-hal yang tidak di inginkan.
  • Belajar dari ahlinya. Saat mesin cuci rusak, besar kemungkinannya Anda harus memanggil tukang reparasi. Alasannya sederhana, peralatan teknis seperti mesin cuci memiliki garansi yang boleh jadi tak berlaku saat Anda berusaha memperbaikinya sendiri. Begitu juga dengan adanya beberapa komponen yang beresiko tinggi. Saat tukang reparasi memperbaikinya, ada baiknya Anda aktif bertanya bagaimana menghindarkan kerusakan dan cara perawatan yang baik. Dengan begitu Anda memperluas wawasan.
  • Cari referensi di internet. Mungkin suatu hari komputer Anda terasa sangat lambat dan sering berhenti bekerja. Tak perlu cemas. Gunakan sarana internet untuk mencari solusi praktis mengatasi masalah komputer dan trik untuk meningkatkan kinerja komputer.
  • Diskusi dengan teman. Memiliki teman yang memunyai hobi yang sama sangatlah berguna. Ambil contoh, penggemar fotografi bisa saling membagi pengetahuan menggunakan kamera. Bila ada kendala, tanyalah mereka. Sebaliknya bila Anda memiliki informasi berguna, berbagi sehingga kemampuan bersama meningkat.
  • Coba dan coba lagi. Kemajuan teknologi menghadirkan perangkat yang makin lama makin  rumit. Apakah Anda baru saja membeli pemutar DVD dan tak juga berhasil menghubungkannya dengan televisi? Lihat buku petunjuk dan ulangi lagi prosesnya satu demi satu. Ulangi hingga Anda berhasil.
Coba dan terapkan satu demi satu tips di atas sebagai kebiasaan tiap harinya. Cepat atau lambat, teknologi menjadi hal yang menyenangkan. Bukan lagi sesuatu yang membingungkan dan menakutkan. Teknologi boleh berkembang pesat namun tak seharusnya kita tergagap menggunakannya. Jangan sampai terkalahkan oleh teknologi yang saat ini mendunia.

semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar

  • Persembahan untuk

    Persembahan untuk

  • About