Rabu, 10 Juli 2013

Tips Puasa Sehat


Marhaban ya ramadhan..
Mari kita sambut bulan yang penuh berkah ini. seluruh umat islam di dunia pasti melaksanakan ibadah puasa. Puasa biasanya tidak lepas dengan masalah kesehatan seperti dehidrasi dan kurang energi. Bagi kalian yang ingin tetap sehat saat puasa, berikut sedikit rangkuman tips puasa sehat yang bisa saya bagikan dengan kalian:


1. Jangan tidur terlalu malam
Tidur yang terlalu malam akan menyusahkan kita untuk bangun sahur. Selain itu, bisa menyebabkan penyakit akibat kurang istirahat. Maka dari itu jangan tidur terlalu malam hanya untuk begadang atau hal-hal yang tidak bermanfaat lainnya, kecuali jika kalian ingin tadarus di masjid.  Tetap atur jadwal tidur, agar kalian mendapatkan cukup waktu tidur saat berpuasa.


2. Atur menu sahur yang mengandung 4 sehat 5 sempurna
Menu sahur tidak perlu mewah, cukup makanan yang mengandung 4 sehat 5 sempurna. Konsumsi makanan yang kaya karbohidrat kompleks dan protein, buah-buahan atau sayuran, dan perbanyak minum air.  itu cukup memberikan kita energi untuk menjalani aktifitas sehari-hari. Atau kalian juga bisa memberikan selingan makanan favorit kesukaan keluarga, agar keluarga giat untuk makan sahur.


3. Jangan mengonsumsi es berlebihan saat sahur dan berbuka puasa
Es bisa membuat badan kita loyo saat menjalani puasa. Maka dari itu hindari minum es yang berlebihan. Karena Es juga bisa membuat radang pada tenggorokan.







4. Hindari berlama-lama di tempat yang terlalu panas
Tempat yang panas bisa membuat kita dehidrasi, akibatnya badan akan merasa lemas dan membutuhkan minum.  Tidak mungkin kita minum saat puasa kan? Segera cari tempat untuk berteduh jika kita di tengah- tengah tempat yang sangat panas.

5. Hindari aktivitas yang kurang menguntungkan
Contohnya: bermain sepak bola di bawah terik matahari, bersepeda saat siang hari, dll.
Hal itu hanya membuat kita merasa haus dan lemas. Lebih baik melakukan pekerjaan rumah atau menonton televisi di rumah jika kewajiban kita telah kita laksanakan.


6. Istirahat yang cukup
Istirahat di waktu siang juga sangat di butuhkan, karena pada siang hari adalah waktu di mana kita sangat merasa haus dan lapar. Dari pada kita mati-matian melawan nafsu untuk membatalkan puasa, lebih baik kita tidur sejenak untuk mengembalikan stamina.




7. Jangan terlalu banyak mengonsumsi makanan pedas
Makanan pedas membawa banyak dampak negatif. Entah itu di perut, di lambung, atau di tenggorokan.  Tak ada yang melarang kalian untuk memakan makanan yang pedas, tapi sedikit saran agar jangan mengonsumsinya terlalu banyak. Karena itu tidak baik untuk sistem pencernaan dan tubuh kita.






8. Hindari makan berlebihan saat berbuka puasa
Lihat dulu porsi makan kalian, jika biasanya hanya makan sedikit, jangan memaksakan makan terlalu banyak karena alasan lapar. Berhentilah saat mulai merasa kenyang. Kunyah makanan perlahan. Makan dengan perlahan dan biarkan tubuh kalian mencerna makanan tersebut perlahan.





9. tetap melakukan kewajiban sholat
ini yang terakhir guys, jangan lupa akan kewajiban sholat kita yah.. puasa bukan alasan untuk bermalas-malasan. Mari kita mencari pahala sebanyak-banyaknya . dengan sholat, tubuh kita bisa merasa segar kembali.






    itulah sedikit tips yang bisa saya tulis, semoga bisa bermanfaat buat kalian semua.
Ingat! Puasa bukan alasan buat bermalas-malasan kawan .. tetap jaga kondisi kalian saat berpuasa :)

6 komentar:

  • Persembahan untuk

    Persembahan untuk

  • About