Rabu, 26 Juni 2013

Jangan paksa anak sekolah Negeri !!






Setiap orang tua pasti menginginkan yang terbaik buat anaknya, diantaranya selektif dalam pemilihan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi. Namun, saat ini masih banyak orang tua yang memaksa anaknya untuk bisa masuk di sekolah negeri  pilihan mereka. Tanpa mereka perdulikan akibat yang timbul karena keegoisan mereka.

Diimbau kepada orang tua  agar tidak memaksakan diri mendaftarkan anak masuk di sekolah negeri atau sekolah unggulan yang dinilai baik pada saat Penerimaan Siswa Baru (PSB) tahun ini. Sebab belum tentu sekolah yang dipilih orang tua membuat anak senang dan nyaman belajar di sekolah pilihan orang tua. Pasalnya, kebebasan anak memilih sekolah diyakini mampu mendukung semangat untuk menjalani pendidikan pada sekolah yang dipilih.

Imbauan agar orang tua tidak memaksakan diri mendaftarkan anak ke sekolah negeri, selain harus menyesuaikan pilihan sang anak juga untuk menghindarkan penumpukan siswa yang mendaftar pada satu sekolah tertentu. orang tua di minta agar mendaftarkan anaknya sesuai kemampuannya. Jangan memaksa anak harus masuk ke sekolah negeri  seperti keinginan orang tua. Karena harus pula dipertimbangkan perkembangan psikologi anak.  Kalau dipaksa ternyata tidak mampu mengikuti pelajaran, dikhawatirkan anak bisa minder karena kalah pintar dibanding temannya satu kelas. Akibatnya tidak naik kelas dan kemudian drop out di tengah jalan. Dampak negatif lainnya dia menjadi nakal untuk memperlihatkan eksistensinya.

tingginya minat orangtua dan anak untuk masuk di sekolah-sekolah negeri tersebut mengakibatkan sekolah negeri tidak bisa menampung siswa karena keterbatasan sarana dan prasarana.
orangtua  tidak perlu memaksakan kehendak untuk menyekolahkan anaknya di sekolah negeri. Sekolah swasta juga bisa menjadi pilihan. pemerintah memberikan perhatian yang sama, baik kepada sekolah negeri maupun swasta.
Orangtua dan anak cenderung untuk memilih sekolah negeri dengan alasan murah, tetapi sebenarnya sekolah negeri atau sekolah swasta mendapat perhatian yang sama dari pemerintah.

selain itu, sekolah swasta juga tidak ketinggalan dalam hal prestasi, baik yang akademik maupun non-akademik.



Jadi, Selektif dalam memilih sekolah itu perlu. Sesuaikan dengan kemauan anak dan imbangi dengan pengawasan orang tua.  biarkan anak memilih sekolah sesuai dengan keinginan mereka. Karena saat ini mutu pendidikan semua sama, baik negeri dan swasta, favorit dan tidak favorit.

2 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus

  • Persembahan untuk

    Persembahan untuk

  • About